SEKSI BINA KESEHATAN HEWAN KABUPATEN SAROLANGUN


DENGAN MENINGKATKAN KESEHATAN HEWAN KITA WUJUDKAN " SAROLANGUN EMAS"

Monday, November 2, 2009

BEKERJA KERAS DAN IKHLAS DALAM BEKERJA

Semangat bekerja keras harus ada dalam diri kita. Dengan bekal Semangat Bekerja Keras, diharapkan kita akan mampu berbuat semaksimal mungkin apa yang kita kerjakan.
Setelah bekerja keras kemudian kita juga harus memanfaatkan potensi hati, artinya setelah kita selesai bekerja keras kita juga harus ikhlas. Amalan hati yang satu ini memang sangat mudah untuk diucapkan tetapi tidak mudah untuk dilakukan.
Ketika kita merasa sudah mampu menyelesaikan semua pekerjaan dengan baik sebagai hasil dari kerja keras kita, kadangkala kita tidak berhati-hati terselip rasa riya (sombong). Menganggap bahwa keberhasilan itu adalah sebagai hasil dari kerja keras kita semata. Sehingga IKHLAS harus kita pupuk agar tetap berkembang mengharapkan keridhoan ALLAH SWT semata dan menjadi tujuan kita dalam segala aktivitas.
Ikhlas bersih dari segala maksud-maksud pribadi, bersih dari segala pamrih dan riya, bersih dari harap dan kecewa, bebas dari simbol-simbol pribadi ataupun kelompok, bebas dari perhitungan untung dan rugi. Ikhlas bersih dari segala hal yang tidak disukai oleh Alllah SWT.
"Katakanlah: Sesungguhnya sholatku, ibadahku, hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah SWT, Tuhan semesta alam...." (QS. Al An'an ; 162)
Itulah Potensi yang telah Allah SWT berikan pada umat manusia agar dapat dioptimalkan. Apabila bekerja keras saja yang kita utamakan maka lelah yang akan kita dapatkan. Dan apabila potensi hati saja yang kita optimalkan, bukannya kita sebagai mahluk Allah SWT juga diharuskan berikhtiar dengan optimal.
Karunia Allah SWT tidak akan datang begitu saja tanpa ada usaha dari setiap makhluknya.
Semoga kita digolongkan sebagai orang yang mampu bekerja keras dan ikhlas.
wallahu'alam

No comments:

Post a Comment